Jumat, 28 September 2018

Kapolres Nganjuk Hadiri Acara Siraman Air Terjun Sedudo


Tribratanews-nganjuk.com Acara ritual tahunan “SIRAMAN DI AIR TERJUN SEDUDO” sudah merupakan tradisi warga Nganjuk khususnya warga Desa Ngliman Kec.Sawahan Kab.Nganjuk yang dilaksanakan setiap bulan Muharom atau Suro,kali ini dilaksanakan para hari Kamis 27/09/2018 atau tanggal 17 Muharom 1440 H.

Ribuan pengunjung sudah memadati area wisata Air Terjun Sedudo di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan sejak pagi. Mereka memadati sisi kanan dan kiri air terjun sembari menunggu prosesi dimulai. Tepat sekitar  pukul 11.30, iring-iringan pejabat forum pimpinan daerah (forpimda) dan Forpimdes Ngliman menuruni tangga menuju lokasi air terjun.Diiringi lantunan tembang Jawa, sang cucuk lampah memandu para pejabat. Mereka berada di belakang sesepuh Desa Ngliman yang kemarin membawa sejumlah sesaji. 




Setibanya di bawah, para pejabat yang memakai baju serbab hijau itu langsung masuk ke tenda yang disiapkan oleh panitia. Di barisan depan, Bupati Novi Rahman Hidayat ,Sekda Nganjuk Agoes Soebagijo bersanding dengan pejabat forpimda lainnya. Mulai Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman N.W. S.I.K.,M.H. Dandim 0810 Letkol Arh Sri Rusyono. Kemudian, Kajari Asis Widarto, Ketua DPRD Nganjuk Puji Santoso.


Tak sekadar menyaksikan rangkaian ritual, para pejabat Forpimda juga ikut masuk ke kolam Air Terjun Sedudo untuk mandi bersama-sama,mereka bercanda sembari merasakan sensasi sejuk dan dinginnya air terjun di lereng Gunung Wilis itu,menurut kepercayaan sebagian orang mandi air terjun sedudo pada bulan Muharom akan awet muda. 




Selain itu di suguhkan juga tari amek banyu, diiringi cucuk lampah dan sesepuh desa, para gadis dan jejaka itu lantas masuk ke kolam Air Terjun Sedudo. Mereka mengambil air suci tepat di aliran air terjun .

Ritual ditutup dengan rebutan gunungan buah dan hasil bumi. Ribuan warga yang semula berada di samping kanan dan kiri air terjun langsung menyerbu sembilan gunungan buah setinggi sekitar tiga meter. Gunungan itu berasal dari sejumlah desa di Kecamatan Sawahan.


“Semoga ritual Siraman tahun ini bisa menjadi berkah untuk semuanya. Termasuk warga sekitar Sedudo yang perekonomiannya terangkat,” harap warga Desa Ngliman.(Subbaghumas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CEGAH PENYEBARAN VIRUS COVID-19, POLSEK NGLUYU MELAKSANAKAN PATROLI DIALOGIS

Nganjuk, Tribratanews-nganjuk.com Ngluyu-Guna untuk membangun kepedulian dari semua pihak untuk mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid...