Minggu, 09 Februari 2020

API UNGGUN SAKA BHAYANGKARA POLSEK PRAMBON DIKLAT II 2020, MEMPERERAT PERSAUDARAAN


Nganjuk, tribratanews-nganjuk.com, Prambon - Para peserta Diklat II Saka Bhayangkara angkatan IV tahun 2020 Polsek prambon melakukan kegiatan api unggun di halaman Mapolsek Prambon. Sabtu malam, 08/02/2020.

Kegiatan diikuti semua peserta Diklat Saka, dan dipandu langsung oleh Instruktur Saka Bhayangkara Aiptu Sugeng Riyadi. Sebelum acara dimulai, dibuka oleh Pamong Saka Ipda Syukur Effendi yang kesehariannya bertugas sebagai Kanit Binmas. 

Dikatakan oleh Kanit Binmas, bahwa Api unggun  merupakan salah satu bentuk kegiatan di alam terbuka khususnya pada malam hari.  Pada mulanya api unggun di pakai sebagai tempat pertemuan disamping sebagai penghangat badan dan menjauhkan dari gangguan binatang buas. 

Ipda Syukur mempertegas bahwa tujuan diselenggarakan api unggun adalah untuk mendidik sehingga menumbuhkan keberanian dan kepercayaan pada diri sendiri melalui cara berpentas.

Lebih lanjut, Kanit Binmas menjelaskan, bahwa nilai pendidikan dari api unggun, diantaranya mempererat persaudaraan, memupuk kerja sama (gotong royong), menambah rasa keberanian dan kepercayaan  diri, membuat suasana kegembiraan dan kebebasan, mengembangkan bakat  dan kreativitas, memupuk disiplin bagi pelaku dan penonton. 

Instruktur Saka Aiptu Sugeng Riyadi pun juga menjelaskan tata cara pelaksanaan api unggun yang harus diperhatikan antara lain dimana tempat diselenggarakanya api unggun ialah di medan terbuka, berupa lapangan yang cukup luas, tanahnya kering dengan permukaan  rata. Kemudian api unggun dilaksanakan  lapangan yang berumput yang tumbuh dengan baik, maka pada tempat yang direncanakan sebagai tempat unggun api, rumputnya dipindahkan lebih dahulu, untuk kemudian ditanam kembali sesudah api unggun selesai.

Sesudah selesai  api unggun, tidak boleh terlihat bekasnya, adanya sisa kayu dan abu harus dipindahkan, tempat harus bersih kembali, dan tidak merusak lingkungan.

#NganjukGuyubRukun

SHARE THIS

Author:

Portal Berit Resmi Polres Nganjuk.

0 komentar: