Minggu, 31 Mei 2020

KAMPUNG TANGGUH SEMERU DESA SUDIMOROHARJO UPAYA POLSEK WILANGAN BERSAMA INSTANSI TERKAIT GUNA MEMUTUS PENYEBARAN VIRUS COVID-19


Nganjuk tribratanews-nganjuk.com Sebagai tindak lanjut dari program unggulan Polda Jatim dan upaya Satgas Gugus Covid-19 Kecamatan Wilangan Kabupaten Nganjuk serta pihak terkait baik dari unsur pemerintah Desa dan semua elemen masyarakat yang ada di Desa dalam mencegah penyebaran Covid-19 atau virus Corona, Polsek Wilangan Polres Nganjuk bersama Forpincam Kecamatan Wilangan, Dinkes / Puskesmas, Perangkat Desa serta relawan membentuk KAMPUNG TANGGUH SEMERU (sehat-aman-tertib-rukun) di Desa Sudimoroharjo Kecamatan Wilangan Kabupaten Nganjuk, sebagai pilot projects kampung tangguh di kecamatan Wilangan Sabtu (30/5/2020).

Kapolsek Wilangan AKP LILIK SUHARYONO, SH, yang saat melakukan rapat dalam pembahasan persiapan pembentukan kampung tangguh semeru di Polsek Wilangan bersama Forpimcam menyampaikan bahwa “Untuk sementara kami menyiapkan Desa Sudimoroharjo sebagai percontohan Kampung Tangguh Semeru untuk wilayah Kecamatan Wilangan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona, dan diharapkan untuk kedepan akan menyusul desa-desa yang lainnya,”.

Lebih lanjut Kapolsek menjelaskan bahwa ada tiga hal yang menjadi prioritas dalam pembentukan Kampung Tangguh Semeru ini, yakni ketahanan pangan / ekonomi, ketahanan medis dan ketahanan lingkungan (keamanan). “Sehingga masyarakat paham bagaimana mengantisipasi penyebaran virus Corona dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan atau yang telah dipersiapkan,” pungkasnya.

Dalam kunjungannya bersama dinas terkait Kapolsek melaksanakan pengecekan langsung dan menyaksikan simulasi terhadap kesiapan desa Sudimoroharjo sebagai kampung tangguh semeru.

Kelengkapan fasilitas penunjang seperti portal keamanan, posko kesehatan yang mencatat rangkaian kegiatan, tempat cuci tangan, handsanitizer, bilik sanitizer, alat semprot desinfectan, masker, faceshield, APD, megaphone, HT, dan ketersediaan mobil Ambulan desa serta kelengkapan lainnya seperti lumbung pangan, aplikasi sistem poskamling, serta ketersediaan ruang isolasi dan tempat pemakaman warga yang terindikasi terpapar covid-19 tak luput dari perhatian Kapolsek.

Semua warga dari luar yang masuk ke kampung tangguh semeru akan mengikuti serangkaian pemeriksaan seperti terlebih dahulu mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun, pemeriksaan suhu tubuh dan bila didapati indikasi terpapar covid 19 akan dilakukan tindakan karantina di ruang isolasi yang sudah disiapkan sesuai protokol kesehatan.

(Humas Wilangan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RESPON CEPAT POLSEK NGLUYU SAAT DATANGI TKP KORBAN GANTUNG DIRI

Nganjuk ,tribratanews-nganjuk.com Ngluyu – Kapolsek Ngluyu  Polres Nganjuk Iptu Roni Andrias Suharto S.H beserta anggota mendatangi TKP gan...