Sinergitas Tiga Pilar Kecamatan Tanjunganom Bersama Ulama' Cegah Faham Radikalisme


Nganjuk, tribratanews-nganjuk.com, Warujayeng - Kapolsek Warujayeng Polres Nganjuk Kompol H. Edy Hariadi, S.IP bersama Danramil 0810/10 Tanjunganom Kapten Inf. Kustono dan Pemerintah Kecamatan Tanjunganom melakukan silaturahmi dengan para ulama' di Kecamatan Tanjunganom, kegiatan ini dilakukan dalam rangka menjalin silaturahmi dan memperkuat sinergitas antara ulama' dan umaro'. 

Penguatan sinergitas antara ulama' dengan unsur pemerintah (umaro') tersebut dipandang penting sebagai upaya pencegahan dini terhadap munculnya faham radikalisme yang menghendaki adanya perubahan ideologi bangsa dengan mengatasnamakan ajaran agama. 

Sehingga ulama' dianggap sebagai unsur paling strategis dalam mencegah radikalisme tersebut, sebab bisa langsung bersentuhan dengan para jamaah dan masyarakat saat memberikan kajian rutin di pondok dan lingkungan, ceramah agama serta saat di mimbar jumat. 

Kapolsek meminta para ulama' agar aktif memberikan pemahaman kepada jamaah dan masyarakat bahwa faham radikalisme yang mengatasnamakan agama sesungguhnya sangat bertentangan dengan ajaran agama, serta dapat meluruskan doktrin-doktrin yang menyesatkan tersebut. 

Selanjutnya, pemerintah juga berharap jika di lingkungan sekitar ditemukan adanya oknum atau kelompok yang menyampaikan atau mengajak atau melakukan suatu kegiatan yang dipandang mengarah kepada radikalisme agar melaporkan aktifitas tersebut kepada unsur terkait seperti Polri dan TNI, dengan maksud untuk mengambil langkah pencegahan serta menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Sehubungan hal tersebut, Kapolsek Warujayeng menjelaskan, "pencegahan faham radikal harus dilakukan hingga ke lapisan masyarakat paling bawah, diperlukan peran berbagai pihak yang dapat menyentuh secara langsung lapisan tersebut, di antaranya ulama'. Senin (22/06/2020) 

"dengan demikian melalui sinergitas ini kita dapat menjaga ideologi bangsa serta kemurnian ajaran agama dari ancaman para pelaku radikalisme", pungkas Kapolsek. (humas wrj)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kehadiran Bhabinkamtimas di Masyarakat, Cegah Potensi GKTM

INILAH 7 PROGRAM PRIORITAS KAPOLRI ,PENGUATAN POLRI YANG PROMOTER MENUJU INDONESIA MAJU

ANGGOTA JAGA POLSEK PACE PATROLI KE SEKERTARIAT PILKADES DESA PACEWETAN