BHABINKAMTIBMAS DESA NGADIPIRO SAMABANG TOKOH PEMUDA UNTUK CEGAH RADIKALISME

Nganjuk, tribratanews-nganjuk.com -Polsek Wilangan, BhabinKamtibmas sebagai garda terdepan Polri dalam melaksanakan tugas kepolisian yang terjun langsung di masyarakat di Desa binaannya membuat BhabinKamtibmas harus berupaya dengan cara dan taktik masing-masing personil agar tugas yang di embannya bisa berhasil. 

Karena BhabinKamtibmas bertugas sendirian di desa dan begitu kompleks tugas dan dilema kehidupan masyarakat maka BhabinKamtibmas harus berupaya menggandeng berbagai elemen di desa dan masyarakat.

Salah satu contoh upayanya yaitu menggandeng tokoh Agama yang ada di Desa tersebut. Hal ini dilakukan oleh BhabinKamtibmas Desa Ngudikan Aipda Nursantoso SH. Dalam rangka mencegah berkembangnya faham radikal di lingkungan masyarakat maka ia aktif berkunjung dan sambang ke tokoh pemuda dan Agama di desa tersebut, untuk silaturahmi dan memberikan masukan supaya tokoh agama ikut berpartisipasi dan berperan aktif dalam menangkal faham radikal yang mungkin bisa masuk ke lingkungan masyarakat Ngadipiro. Karena tokoh pemuda banyak temannya dan cenderung di turuti.

Melalui sambang tokoh pemuda tersebut dapat membantu menekan ajaran radikal yang akan masuk ke masyarakat Desa Ngadipiro. Aipda Nursantoso terus melakukan upaya pencegahan terhadap semua elemen masyarakat melalui berbagai tokoh di Desa maupun melalui himbauan langsung kepada masyarakat maupun pemuda.

Sebagai upaya mendekatkan diri dan menampung aspirasi masyarakat, Bhabinkamtibmas menggunakan berbagai macam cara yaitu melalui sambang ke pada kelompok masyarakat maupun perorangan sambil melaksanakan penyuluhan tentang keamanan dan ketertiban, selain itu juga melalui Door to Door System (DDS) atau berkunjung kerumah warga masyarakat.

Bhabinkamtibmas Polsek Wilangan  dalam sambangnya berpesan agar masyarakat bersama-sama memelihara keamanan desanya. Karena saat ini banyak masyarakat utamanya generasi muda yang kurang faham ilmu agama dan persatuan bangsa maka sangat mudah dimasuki faham radikal, sehingga bisa mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Untuk itu perlu adanya upaya secara terus menerus untuk mencegah masuknya faham radikalisme di masyarakat maupun pemuda.

Tidak hanya tentang Kamtibmas saja tetapi juga imbauan untuk segmen remaja seperti kenakalan remaja sampai penyuluhan tentang Narkoba serta sosialisasikan penerimaan rekrutmen anggota Polri selalu disampaikan.

BhabinKamtibmas Desa lainya juga melakukan hal yang sama karena ini merupakan perintah pimpinan dan merupakan upaya Polri untuk menangkal bahaya radikalisme serta tetap menjalin toleransi antar umat beragama, karena berbeda itu indah yang penting tetap menjalin rasa persatuan dan kesatuan,”

Terkait maraknya berita-berita yang tidak benar (hoax) berita yang sifatnya hate speech (ujaran kebencian) yang banyak muncul diberbagai media sosial. 

“ kegiatan yang dilakukan BhabinKamtibmas ini merupakan cara yang lebih efektif dalam menjalin kemitraan dengan masyarakat dan bisa mudah menyampaikan pesan dan himbauan kepolisian kepada masyarakat, disamping itu kita dapat menampung aspirasi warga dapat mengetahui sekecil apapun permasalahan di Desa, sehingga keamanan dan ketertiban bisa kita antisipasi dengan banyak melakukan pencegahan gangguan Kamtibmas,” ungkap Kapolsek Wilangan AKP LILIK SUHARYONO SH.


@Humas Wilangan
@Nganjuk Guyub rukun

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kehadiran Bhabinkamtimas di Masyarakat, Cegah Potensi GKTM

INILAH 7 PROGRAM PRIORITAS KAPOLRI ,PENGUATAN POLRI YANG PROMOTER MENUJU INDONESIA MAJU

ANGGOTA JAGA POLSEK PACE PATROLI KE SEKERTARIAT PILKADES DESA PACEWETAN