PATROLI BERSAMA TNI,POLRI,DAN KRPH BAGOR CEGAH KARHUTLA


Nganjuk,tribratanews-nganjuk.com Bagor - Tim gabungan dari unsur TNI-Polri dan Perhutani yang di armadai oleh Kapolsek Bagor AKP Tommi Hermanto  dan anggota bersama TNI dari anggota Koramil 0810/02 Bagor beserta Kepala Resort Pemangku Hutan
(KRPH) Bagor dan staf jajaran bagian kesatuan pemangku hutan (BKPH) Bagor melaksanakan cek lokasi rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan hutan petak 04 A  masuk Dan Manyung Desa Bagor Kulon. Kamis (02/07/2020)

Disana tim gabungan mengamati sekeliling kawasan hutan Perhutani tersebut guna memastikan bahwa semuanya dalam keadaan aman dan tidak ada titik-titik tanda kebakaran ataupun sengaja dibakar oleh ulah orang yang tidak bertanggung jawab.

Ketika ditemui bapak Priyo Susilo selaku KRPH Bagor mengatakan, hutan yang dikelola Perhutani BKPH Bagor, yang mana saat musim kemarau panjang pasti sangat rawan kebakaran mengingat tanaman produksi utama adalah pohon jati dan kayu putih. Untuk itu kami bahu membahu dengan pihak TNI-Polri dalam rangka mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla.

“Ini adalah dalam rangka mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla, sehingga kami terus menggiatkan pelaksanaan patroli di lapangan,” kata Priyo

Sementara Kapolsek Bagor Polres Nganjuk AKP Tommi Hermanto,S.H.,  mengungkapkan, sekarang ini adalah waktunya musim kemarau panjang, dan karena diwilayah Bagor terdapat wilayah hutan sangat rawan terjadinya kebakaran.

“Dari kegiatan sebelumnya kami juga sudah melakukan kerjasama dengan masyarakat yang tergabung dalam LMDH untuk bersama melakukan penjagaan terhadap kawasan hutan agar tetap terjaga ekosistem dan kelestariannya,” ungkap AKP Tommi.

Selain itu kami juga telah memasang tanda peringatan dengan sebuah banner besar dilokasi kawasan hutan yang berada dipinggir jalan. Hal itu dikandung maksud untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, imbuhnya.

Tersebut dikuatkan dengan kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya bahwa Bhabinkamtibmas Bripka Marsudi juga sudah turun langsung mengecek kondisi kawasan hutan Bagor .Tak hanya itu, bersama beberapa anggota BKPH memasang papan himbauan dipinggir kawasan hutan. Pihaknya juga berbincang dengan masyarakat yang berdomisili di dekat kawasan hutan dan mengimbau agar waspada dan berhati-hati serta tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu kebakaran hutan dan lahan.

Pihaknya meminta kepada masyarakat apabila mengetahui adanya kebakaran hutan agar sesegera mungkin menghubungi Polsek atau Bhabinkamtibmas setempat untuk segera diambil langkah-langkah penanganan, tukasnya.

(Humas Bagor)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kehadiran Bhabinkamtimas di Masyarakat, Cegah Potensi GKTM

INILAH 7 PROGRAM PRIORITAS KAPOLRI ,PENGUATAN POLRI YANG PROMOTER MENUJU INDONESIA MAJU

ANGGOTA JAGA POLSEK PACE PATROLI KE SEKERTARIAT PILKADES DESA PACEWETAN