Kapolsek Sawahan Kerahkan Anggota Amankan Siraman di Tempat Wisata Air Terjun Sedudo

Nganjuk,tribratanews-nganjuk.com. – Dengan datangnya tahun Baru Islam yang dikenal dengan sebutan 1 Syuro, pada hari Kamis (03/09/2020) Polsek Sawahan di bek up Polres Nganjuk melaksanakan pengamanan kegiatan tradisi 1 Syuro Siraman dan larung sesaji di Air Terjun Sedudo Desa Ngliman Sawahan Nganjuk.
Prosesi Siraman dan larung sesaji yang dihadiri Bupati Nganjuk Bupati Novi Rahman Hidayat dan Wakil Bupati, Pejabat Forpinda termasuk beberapa Kepala SKPD Pemkab. Nganjuk dan Camat Se – Kab Nganjuk dengan menggunakan pakaian adat Jawa.
Rangkaian kegiatan ritual dimulai jam 10.00 wib yang diadakan di bawah Air terjun Sedudo tersebut, juga hadiri ratusan warga yang memadati kawasan tepi wisata air terjun sedudo guna melihat acara yang diselenggerakan setiap tahun tersebut dan mandi bersama.
Tepat pukul 10.15 wib para tokoh desa setempat mulai melakukan upacara puncak. Bapak Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat didampingi pejabat lainya. menyerahkan secara simbolis Kendi dilanjutkan pengambilan air Terjun sedudo yang selanjutnya diserahkan kepada putri-putri Nganjuk.

Kegiatan Tradisi siraman ini dalam pelaksanaannya menggunakan Protokol Kesehatan guna memutus penyebaran covid-19 dengan :
- Mengukur suhu tubuh
- Mencuci tangan
- Memakai masker
- Menjaga Jarak

Sebelum upacara puncak ritual dilakukan, seluruh peserta yang seluruhnya berpakaian adat Jawa tersebut mengadakan selamatan yang dipimpin tokoh desa Ngliman Kecamatan Sawahan. berharap Semoga rakyat Nganjuk mendapat berkah dari yang Kuasa, jauh dari segala bencana.


.(hums-swh).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kehadiran Bhabinkamtimas di Masyarakat, Cegah Potensi GKTM

INILAH 7 PROGRAM PRIORITAS KAPOLRI ,PENGUATAN POLRI YANG PROMOTER MENUJU INDONESIA MAJU

ANGGOTA JAGA POLSEK PACE PATROLI KE SEKERTARIAT PILKADES DESA PACEWETAN