Logopit-1595379189656

SENGKETA BATAS TANAH, INI CARA BHABINKAMTIBMAS DAN 3 PILAR KELURAHAN PLOSO DAMAIKAN DUA WARGANYA

 




Nganjuk, tribratanews-nganjuk.com, Nganjukkota - Dengan jurus mediasi, Bhabinkamtibmas Kelurahan Ploso Polsek Nganjuk Kota Aipda Didik Purnawan bersama unsur 3 Pilar menyelesaikan masalah warganya yang bersengketa tentang batas tanah di kantor Kelurahan Ploso, rabu (27/1/2021).


Dalam kegiatan problem solving (Pemecahan masalah) tersebut, Bhabinkamtibmas memberikan nasehat dan himbauan kamtibmas tentang pentingnya hidup rukun dan damai serta toleransi, kemitraan dengan adanya kegiatan problem solving ini permasalah tersebut bisa di mediasi dan di selesaikan secara musyawarah bersama antara kedua belah pihak.


Upaya yang ditempuh tersebut sebagai bentuk upaya dari unsur 3 Pilar yang hadir ditengah masyarakat sebagai problem solving (Pemecah masalah) dan merupakan bentuk pendekatan secara kekeluargaan, sehingga permasalahan tidak menjadi berkepanjangan.


Mediasi yang dilakukan merupakan salah satu bentuk dari alternatif penyelesaian sengketa diluar pengadilan. Tujuan dilakukannya mediasi adalah menyelesaikan sengketa antara para pihak dengan melibatkan pihak ketiga yang netral dan imparsial.


Mediasi dapat mengantarkan para pihak ketiga pada perwujudan kesepakatan damai yang permanen dan lestari, mengingat penyelesaian sengketa melalui mediasi menempatkan kedua belah pihak pada posisi yang sama, tidak ada pihak yang dimenangkan atau pihak yang dikalahkan (win-win solution).


Dalam mediasi para pihak yang bersengketa proaktif dan memiliki kewenangan penuh dalam pengambilan keputusan, mediator dalam hal ini 3 Pilar tidak memiliki kewenangan dalam pengambilan keputusan, tetapi ia hanya membantu para pihak dalam menjaga proses mediasi guna mewujudkan kesepakatan damai mereka.


Penyelesaian sengketa melalui jalur mediasi sangat dirasakan manfaatnya, karena para pihak telah mencapai kesepakatan yang mengakhiri persengketaan mereka secara adil dan saling menguntungkan, ungkap Aipda Didik. 


#HumasNganjukKota

#AyoJogoNganjuk

#NganjukBangkit

@eigra

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama