Logopit-1595379189656

BHABINKAMTIBMAS WILANGAN MULAI TERAPKAN PPKM MIKRO DI DESANYA

 




Nganjuk, Tribratanews-nganjuk.com- BhabinKamtibmas Polsek Wilangan mulai menerapkan PPKM mikro di desa binaannya. Ini dilakukan karena sudah ada instruksi dari presiden bahwa sekarang sedang diterapkan PPKM berbasis mikro. Karena Polri melalui BhabinKamtibmas merupakan ujung tombak aparat negara bidang harkamtibmas yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, maka tugasnya adalah menjamin pelaksanaan PPKM mikro bisa berjalan dengan baik dan bisa membawa dampak positif untuk melakukan pencegahan penyebaran virus Corona.


PPKM mikro yang diterapkan di Desa adalah pembatasan kegiatan masyarakat sekala kecil yaitu RT, RW atau lingkungan. Kegiatan yang dilakukan berupa penutupan atau pembatasan masyarakat yang keluar masuk lingkungan RT, RW tersebut, supaya wilayah tersebut steril dari pergerakan masyarakat luar RT tersebut. Ini dilakukan agar warga di lingkungan tersebut tidak terkontaminasi dengan warga lain yang tidak diketahui mereka membawa virus Corona atau tidak.


Walau dilakukan penutupan atau pembatasan masyarakat dilingkungan RT dan RW namun kegiatan ekonomi masyarakat masih tetap berjalan, hanya saja lebih dilakukan pengecekan dan pengetatan warga agar tidak seenaknya keluar masuk lingkungan tanpa alasan yang begitu penting dan mendesak. Dengan adanya PPKM mikro ini diharapkan masyarakat makin sadar akan pentingnya menjaga protokol kesehatan dan tidak mudah berinteraksi dengan masyarakat lain.


Ditiap lingkungan RT dan RW BhabinKamtibmas juga memasang bendera berwarna sesuai kondisi lingkungan tersebut termasuk zona apa terhadap penyebaran virus Corona. Ada empat bendera yang mungkin dipasang, yaitu merah, oranye, kuning dan hijau. Ini dilakukan agar masyarakat lain tau jika akan memasuki lingkungan tersebut termasuk zona apa, sehingga perlu kehati-hatian dan perlunya menerapkan protokol kesehatan.


Masih banyak lagi yang dilakukan dimasa PPKM mikro ini, diantaranya adalah keaktifan bhabinkamtibmas mendata masyarakat dilingkungan tersebut sehingga apabila ada kejadian berkaitan dengan virus Corona bisa cepat teratasi dan tidak menyebar ke daerah lain. Selain itu juga segera melakukan kordinasi penanganan Corona jika ada warga yang terkonfirmasi Corona. Polsek Wilangan terus mendukung kegiatan penanganan virus Corona ini dengan maksimal agar masyarakat tidak terkena virus Corona dan segera berakhir wabah pandemi Corona ini sehingga masyarakat bisa melakukan aktivitas dengan normal kembali. Oleh karena itu diperlukan juga kesadaran masyarakat untuk disiplin mentaati protokol kesehatan agar aparat dan masyarakat bersinergi untuk menekan penyebaran virus Corona, sehingga apa yang dilakukan aparat kepolisian dan yang lainnya bisa membawa hasil yang maksimal dan masyarakat sendiri yang akan menikmatinya.


@HumasWilangan

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama