Logopit-1595379189656

JEMBATAN PUTUS DI DS. KWEDEN KEC. NGETOS LUMPUHKAN AKSES WARGA




Nganjuk, tribratanews-nganjuk.com Ngetos, Jalan merupakan akses transportasi bagi manusia untuk melangsungkan kehidupan. Akses tersebut identik dengan roda perekonomian warga dalam meningkatkan taraf kehidupan. Terputusnya jalur transportasi, dapat berakibat terhambatnya pertumbuhan ekonomi warga. Seperti yang terjadi di Desa Kweden Kecamatan Ngetos yaitu terputusnya jembatan penghubung antara desa kweden dengan desa desa disebelahnya. Kejadian tersebut terjadi Jumat malam (12/03) sekitar pukul 22.45 wib.


Forpimcam Ngetos yang mendapat informasi dari perangkat desa dalam hal ini Kepala desa kweden,  merespon cepat dengan turun ke lapangan meninjau langsung kejadian terputusnya jembatan akses penghubung desa kweden dengan Kecamatan Berbek dan Kecamatan Sawahan.


Jembatan yang putus tersebut mempunyai panjang kurang lebih 27 meter dengan lebar 4 meter. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, karena terjadi saat malam hari yang memang pada waktu tersebut jarang dilalui oleh warga sekitar. Saksi mata menuturkan, mendengar adanya suara gemuruh yang cukup keras, kemudian saksi mencari sumber suara dan mendapati jembatan sudah dalam kondisi terputus. Saksi langsung menghubungi Kepala Desa Kweden melalui handphone memberitahukan kejadian putusnya jembatan Kweden, kemudian oleh Kades kweden langsung dilaporkan ke Kapolsek Ngetos dan Camat Ngetos.


Jembatan putus tersebut mengakibatkan terputusnya akses utama jalur penghubung ke Ds. Kweden baik dari arah Kec. Sawahan maupun dari arah Kec. Berbek. Akibat dari terkikis/runtuh karena tergerus aliran sungai, sehingga pilar penyangga tidak mampu menopang beban jembatan.


Petugas yang turun ke TKP yaitu dari Polsek Ngetos, Koramil Ngetos,  perangkat desa dan warga masyarakat dengan didampingi Forpimcam dan Kepala Desa, langsung melakukan penutupan jembatan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Perlu tindak lanjut segera dari pihak terkait karena jembatan tersebut merupakan akses utama yang digunakan untuk keluar dan masuk Ds. Kweden. Terkait kerawanan yang timbul akibat kejadian tersebut, karena dekat dengan pemukiman warga dan jalan Berbek-Sawahan dari Polsek Ngetos menutup akses jembatan tersebut di kedua ujung jembatan, serta memberi himbauan kepada warga sekitar untuk tidak mendekati lokasi jembatan runtuh. 


Kapolsek Ngetos AKP Gendut Wisoko SH saat ditemui menjelaskan bahwa putusnya jembatan tersebut akibat usia jembatan yang sudah tua serta terkikisnya penyangga jembatan. Forpimcam Ngetos akan segera berkoordinasi dengan satuan atas, untuk mencari solusi terbaik bagi warga sekitar.


#AyoJogoNganjuk

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama