Logopit-1595379189656

PASCA PUTUSNYA JEMBATAN KWEDEN, JEMBATAN BAILEY MENJADI SOLUSI

 


Nganjuk, Tribratanews-nganjuk.com

Ngetos - Jalan merupakan akses transportasi bagi manusia untuk melangsungkan kehidupan. Akses tersebut identik dengan roda perekonomian warga dalam meningkatkan taraf kehidupan. Terputusnya jalur transportasi, dapat berakibat terhambatnya pertumbuhan ekonomi warga. Seperti yang terjadi di Desa Kweden Kecamatan Ngetos yaitu terputusnya jembatan penghubung antara desa kweden dengan desa desa disebelahnya. Kejadian yang terjadi pada hari Jumat (12/03) sekitar pukul 22.45 wib.


Jembatan putus tersebut mengakibatkan terputusnya akses utama jalur penghubung ke Ds. Kweden baik dari arah Kec. Sawahan maupun dari arah Kec. Berbek. Akibat dari terkikis/runtuh karena tergerus aliran sungai, sehingga pilar penyangga tidak mampu menopang beban jembatan.


Sebulan pasca kejadian tersebut, warga Kweden bisa tersenyum kembali. Pasalnya telah dibangun jembatan penghubung sementara atau dinamakan jembatan bailey. Bailey, merupakan tipe jembatan rangka baja ringan berkualitas tinggi namun dapat dipindahkan (movable). Struktur jembatan tersebut sangat cocok untuk pembangunan di pelosok daerah yang sulit terjangkau dan rawan bencana alam karena prosesnya relatif cepat serta minim alat berat.


Jumat (09/04) melaksanakan patroli harkamtibmas, menuju ke lokasi jembatan bailey di desa kweden. Dilokasi, petugas tengah mendapati Perangkat Desa Kweden sedang membahas tentang jembatan bailey dengan Dinas PU.


Jembatan bailey tersebut mempunyai panjang kurang lebih 35 meter dengan lebar 6 meter. Rencananya jembatan tersebut akan dioperasikan mulai Senin (12/04). Mengingat belum selesainya proses pemasangan terkendala oleh cuaca.


Kapolsek Ngetos AKP Gendut Wisoko SH saat ditemui secara terpisah menjelaskan bahwa dengan dibangunnya jembatan bailey tersebut, dapat kembali membuka jalur transportasi yang putus sehingga roda perekonomian warga dapat kembali berjalan normal seperti semula.


#AyoJogoNganjuk

#polripresisi


Humas Polsek Ngetos

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama