Logopit-1595379189656

Makna Peringati Hari lahir Pancasila ke 73


Tribratanews-nganjuk.com.Bertepatan hari Jum’at 1/06/2018 adalah hari libur Nasional dan merupakan hari lahirnya Pancasila yang telah ditetapkan oleh Presiden Jokowi sejak tahun 2017.Sudah berjalan dua tahun ini setiap tanggal 1 Juni merupakan hari lahirnya Pancasila,ditetapkan hari libur Nasional.Penetapan ini  berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016,yang disampaikan Presiden Jokowi pada saat Pidato peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 ,di Gedung Merdeka Bandung pada tanggal 1 Juni 2016 yang lalu.

Hari ini pula Forpimda Kabupaten Nganjuk melaksaankan Upacara hari lahir Pancasila di lapangan Pendopo Kab.Nganjuk .Pada kegiatan tersebut dihadiri,Drs. Sudjono, MM (Pjs. Bupati Nganjuk ,Selaku Irup ),Letkol Arh Sri Rusyono S. SE. MM (Dandim 0810/Nganjuk) , Kompol Toni Sarjaka S.H. S.I.K. M.I.K,Drs. Puji Santoso (Ketua DPRD Nganjuk), PJU Polres Nganjuk dan  Perwira Kodim 0810 Nganjuk.Dalam pidatonya Pjs Bupati Nganjuk menyampaikan Amanat Presiden RI dengan inti pokok,Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhineka Tunggal Ika, Insya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia.


Sungguh Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia. Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar Negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.Harapan kita agar tidak sekedar memperingati hari lahirnya saja, namun berharap untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.tanpa perjuangan ,pesan dalam Pancasila tak akan menjelma menjadi reallitas,kita berharap rakyat bersatu padu dan bergotong-royong mewujudkan cita-cita tersebut.

Hari Lahir Pancasila 1 Juni perlu dimaknai secara khusus untuk mengingat bahwa Pancasila merupakan pemersatu bangsa Indonesia,Pancasila itu kekayaan milik bangsa Indonesia, terbukti selama bertahun-tahun bisa menjadi pemersatu bangsa Indonesia.Saat ini Pancasila menghadapi tantangan dengan adanya prilaku yang tidak mencerminkan nilai-nilai Pancasila seperti Terorisme dan Radikalisme.Oleh karena itu kita sebagai warga negara indonesia harus menghidupkan dan mengamalkan kembali nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.Dengan adanya Idiologi asing yang mudah masuk melalui Teknologi informasi , disini Pancasila perlu dukungan segenap elemen bangsa agar terus menerus menjadi Idiologi Pemersatu Bangsa.Kita sebagai pemuda Pewaris bangsa perlu upaya serius untuk lebih mengenalkan upaya menghidupan dan menanamkan Pancasila pada setiap elemen bangsa termasuk generasi muda,sehingga benar-benar mewarnai dalam bertindak dan berucap .(Humas)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama