TNI-POLRI BERSAMA KOMUNITAS PERKAWIS TUNGGAL ROGO MANDIRI TANAM 1000 POHON DI MATA AIR NGOBALAN

 



Nganjuk tribratanews-nganjuk.com Ngetos, Kelestarian alam sekitar sudah menjadi tanggung jawab kita semua. Dengan maraknya penggundulan hutan, dengan alasan dialihfungsikan menjadi lahan pertanian, dapat merusak ekosistem dan keseimbangan alam. Oleh karena itu, sekelompok relawan pemerhati kelestarian lingkungan bergerak untuk mengembalikan fungsi hutan sebagaimana mestinya.


Kali ini, TNI-POLRI bersama komunitas PERKAWIS (pelestari kawasan gunung wilis) tunggal rogo mandiri (tulungagung, trenggalek, ponorogo, madiun, nganjuk kediri) melakukan kegiatan aksi menanam 1000 pohon di mata air Ngobalan, Dusun dodol Desa Klodan Kecamatan Ngetos, Sabtu (27/02). 


Kegiatan aksi tanam 1000 pohon tersebut dilakukan di Area Ngobalan bersama Forpimcam Ngetos, Forpimdes Klodan, para penggiat pelestarian lingkungan serta element masyarakat desa klodan. Mereka menanam 1000 pohon dengan jenis penyerap air dengan rincian 30 jenis pohon langka yang ditanam.


"Menanam Pohon bagi Penyelamatan Lahan dan Air, mengandung makna bahwa saat ini penebangan pohon di kawasan hutan yang menjadi kawasan konservasi menjadi salah satu penyebab utama terjadinya bencana alam seperti longsor, banjir, maupun kekeringan. Di samping itu akan meningkatkan kualitas lingkungan sekitarnya sehingga bisa menjadi lokasi wisata dan pusat pengembangan sosial-ekonomi masyarakat yang ramah lingkungan dan berkelanjutan". ujar Ketua konsorsiun pelestari kawasan wilis Sdr. Ichwantoro.


Kegiatan tersebut sangat sarat makna. Selain sebagai wujud melestarikan kawasan hutan gunung wilis, hal tersebut juga bertujuan untuk menjaga ekosistem dan sebagai penahan air yang mana air merupakan sumber kehidupan. Harapan para penggiat adalah tanaman tersebut dapat dijaga dan dirawat oleh warga sekitar sehingga manfaatnya dapat dirasakan kelak sampai anak cucu.


"Diharapkan dengan diadakannya program pelestarian lingkungan ini, kawasan sekitar menjadi lebih aman dan stabil dalam menghadapi kemungkinan bencana alam yang datang. Selain itu harapannya populasi pohon yang tinggi akan jadi lumbung air dan bisa menahan terjadi longsor," terang Kapolsek Ngetos AKP Gendut Wisoko, S.H


#AyoJogoNganjuk

( Humas Ngetos )

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama