Logopit-1595379189656

5 Desa Dapat Penghargaan dari Kapolres Nganjuk Terkait Pengelolaan PPKM Berbasis Mikro


Nganjuk, tribratanews-nganjuk.com – Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan Kepala Desa yang biasa dipanggil Tiga pilar dari 5 desa terbaik dalam pengelolaan PPKM berbasis mikro di Kabupaten Nganjuk, Selasa (4/5/2021) pagi ini mendapat penghargaan dari Kapolres Nganjuk, AKBP Harviadhi Agung Pratama.

Penghargaan ini diberikan dalam upacara Khusus di halaman Mapolres Nganjuk, yang dipimpin Kapolres Nganjuk, bersama Dandim 0810/Nganjuk Letkol Inf. Georgius Luky Ariesta. Pemberian penghargaan ini dihadiri pula oleh Kapolsek jajaran.

Tiga pilar dari 5 desa tersebut adalah Kepala Desa, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa Desa Kemaduh Kecamatan Baron, Desa Gempol Kecamatan Rejoso, Desa Bareng Kecamatan Sawahan, Desa Kampungbaru Kecamatan Tanjunganom, dan Desa Ngudikan Kecamatan Wilangan.

Dari 5 desa tersebut, Desa Kemaduh Kecamatan Baron mendapatkan peringkat satu. “Hasil penilaian dari tim, Desa Kemaduh Kecamatan Baron memperoleh predikat satu dalam pengelolaan PPKM Mikro,” ujar AKBP Harviadhi Agung Pratama kepada koranmemo.com selepas upacara.

Harviadhi menjelaskan, kriteria penilaian yang dilakukan adalah tingkat sinergitas antara 3 pilar tersebut dalam berkomunikasi, koordinasi, dan kolaborasi guna upaya penekanan penyebaran Covid-19 di wilayah desanya. “Juga sarana dan prasarana yang tersedia di posko PPKM Mikro, dan tak kalah pentingnya bisa membuat zonasi yang tidak menghawatirkan. Artinya mengarah ke zona hijau,” paparnya.

Penghargaan ini, lanjut Harviadhi, diberikan sebagai motivasi kepada Bhabinkamtibmas untuk terus berlomba, bersinergi dengan Babinsa dan Kepala Desa dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Bahkan, 5 Bhabinkamtibmas ini juga diberi penghargaan kebebasan memilih satuan atau fungsi mana yang dikehendaki.

“Bhabinkamtibmas adalah representasi dari kepolisian sebagai ujung tombak yang langsung berhubungan dengan masyarakat. Begitu juga dengan Babinsa dan Kepala Desa, yang selalu berada di tengah-tengah masyarakat. Maka perlu kita perhatikan,” kata Kapolres Nganjuk.

Dandim 0810/Nganjuk Letkol Inf. Georgius Luky Ariesta menambahkan, peran serta Babinsa dalam pencegahan penyebaran Covid-19 yang dilakukan melalui PPKM Mikro ini adalah selalu berkomunikasi, koordinasi, dan kolaborasi dengan Bhabinkamtibmas dan Kepala Desa.

“Konsep tiga pilar ini memang ampuh dalam mengatasi segala permasalahan yang ada di tingkat desa, khususnya dalam masa pandemi ini. Apalagi sebentar lagi lebaran, sehingga potensi penyebaran virus Corona meningkat. Untuk itu diperlukan sinergitas dalam pencegahannya,” jelas Dandim.(humas Acha)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama