Logopit-1595379189656

Pos Check Point ala Kafe yang Didirikan Satlantas Polres Nganjuk




Nganjuk,tribratanews-nganjuk.com - Larangan untuk tidak mudik pada Hari Raya Idul Fitri 1442 H di masa pandemi Covid-19 ini, Satlantas Polres Nganjuk dalam Operasi Ketupat Semeru 2021 mendirikan 3 pos pengamanan (chek point).


Salah satunya, pos check point ini didirikan di area pintu keluar tol Begadung, Nganjuk. Uniknya, pos ini didesain mirip dengan kafe. Di sini, bagi pengguna jalan tol yang akan buka puasa, bisa mampir di pos pengamanan lebaran ini.


“Kami sediakan makanan ringan, dan minuman secara gratis bagi para pengguna jalan yang singgah di sini saat hendak buka puasa,” kata Kasat Lantas Polres Nganjuk AKP MARITA DYAH ANGGRAINI, S.I.K. melalui 

  Iptu Reo Anggar Prabowo Kanit Dikyasa Satlantas Polres Nganjuk kepada Humas Tribrata News , Rabu (5/5/2021).


Tujuan pos check point sendiri, kata Reo, untuk penyekatan larangan mudik lebaran. Namun bagi pemudik dalam satu rayon, diperbolehkan asal sudah melalui tes antigen atau PCR. “Nganjuk, satu rayon dengan Jombang, Kediri, Tulungagung, Trenggalek, dan Blitar,” ungkapnya.


Bagi pemudik di luar rayon, lanjut Reo, akan dipaksa putar balik. Bagi yang bandel, petugas akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19, dan pemudik akan dikarantina.


Semua kendaraan yang keluar dari tol, akan dilakukan pemeriksaan. Selain kelengkapan surat berkendara, juga surat bebas Covid-19. “Ada tiga kendaraan yang kita loloskan, yakni angkutan sembako, ambulan, dan angkutan orang sakit,” Ungkap Iptu Reo.


Sementara digunakannya konsep mirip kafe ini menurut Knt Dikyasa lantaran untuk menghindari kejenuhan ketika berjaga. Selain itu, bagi pengguna jalan yang singgah akah berkesan.


“Karena kita desain mirip kafe, pastinya juga kita siapkan makanan dan minuman meski hanya mamin ringan. Juga kita putarkan music pelepas lelah. Yang jelas tidak mengurangi kekhusyukan puasa. Musala juga kita sediakan,” tutur Iptu Reo.

Pos pengamanan ini nantinya akan dijaga petugas gabungan mulai 6 Mei 2021 hingga 17 Mei 2021. “Kita siagakan ambulan dan mobil derek,” pungkasnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama