Apresiasi Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Nganjuk, Wakapolda Jatim: Semua Bahu-Membahu Kejar _Herd Immunity

Nganjuk - Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol Drs. Slamet Hadi Supraptoyo, S.H., M.H., menyebut semua pihak harus bahu-membahu mengejar terciptanya _herd immunity_ alias kekebalan kelompok terhadap Covid-19. Hal tersebut disampaikan Brigjen Slamet saat memantau vaksinasi Covid-19 Polres Nganjuk di Gedung Wanita Nganjuk, Jumat (25/2/2022).

"Saya melihat antusiasme masyarakat, terutama anak-anak pelajar, yang sukarela mengikuti vaksinasi Covid-19 hari ini sangat tinggi. Tidak kurang dari seribu orang hadir dan ini sangat menggembirakan," kata Brigjen Slamet.

"Kegiatan di Gedung Wanita hari ini adalah gambaran nyata pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di seluruh Nganjuk. Saya apresiasi setinggi-tingginya kerja bagus seluruh pihak," tuturnya.

Brigjen Slamet menyebut pembentukan kekebalan imunitas harus segera diwujudkan melalui capaian vaksin. Hal ini tak lain akibat terjadinya lonjakan angka positif Covid-19 beberapa waktu belakangan.

"Kegiatan vaksinasi serentak ini merupakan upaya percepatan terbentuknya _herd immunity_ di masyarakat, khususnya pemberian suntikan dosis ketiga bagi lansia dan pelajar," ucapnya.

"Semoga antusiasme masyarakat mengikuti vaksinasi Covid-19 diimbangi dengan pelayanan dari unsur terkait serta ketersediaan dosis vaksin sehingga kekebalan imunitas bisa segera tercipta. Semua pihak harus bekerja bahu-membahu dalam menangani Covid-19," kata Brigjen Slamet.

Dalam kegiatan tersebut, hadir pula Kepala BIN Daerah Jawa Timur Marsma Rudy Iskandar, Kapolres Nganjuk AKBP Boy Jeckson, S.H., S.I.K., M.H., Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi, Kepala Kejaksaan Negeri Nganjuk Nophy Tennophero Suoth, S.H., M.H. serta sejumlah PJU Polda Jatim. Selain memantau vaksinasi serentak, Wakapolda Jawa Timur beserta seluruh unsur Forkopimda juga mengikuti _video conference_ Kapolri mengenai percepatan vaksinasi nasional. Dalam kesempatan tersebut, Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si berharap jajarannya bisa mempertahankan target vaksinasi nasional harian sebesar 1,6 juta dosis per hari.

Selain memantau vaksinasi, Brigjen Slamet menyerahkan bantuan kursi roda kepada sejumlah penyandang disabilitas dan mendistribusikan bantuan sosial kepada sejumlah masyarakat kurang mampu. Ia juga menyapa beberapa petugas Polres Nganjuk yang tengah menjalani isolasi mandiri akibat terpapar virus Corona. 

Di tempat yang sama, Kapolres Nganjuk AKBP Boy Jeckson, S.H., S.I.K., M.H. menyampaikan capaian vaksinasi dosis pertama di Kab. Nganjuk sudah mencapai 89 persen, dengan jumlah lansia sebanayk 72 persen dan pelajar di angka lebih dari 80 persen. 

"Mari kita bersama-sama dengan Pemerintah, TNI-Polri, dan semua instansi terkait untuk terus melakukan percepatan vaksinasi guna mencegah dampak buruk Covid-19. Tapi, meskipun sudah divaksin, disiplin protokol kesehatan juga tidak boleh kendur. Tetap pakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan, rajin cuci tangan, dan batasi mobilitas untuk menekan penyebaran," ucapnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama